7 Jenis Triplek Serta Ukurannya Untuk Kebutuhan Rumah

jenis triplek

Dalam membangun sebuah rumah, banyak material yang kita butuhkan. Mulai dari pondasi rumah, rangka, kayu, lantai dan sebagainya yang memiliki peran masing-masing. Salah satu material yang sering digunakan dalam pembangunan rumah adalah triplek.

Triplek menjadi bahan yang banyak orang minati karena ringan dan tidak memerlukan usaha yang ekstra untuk membawanya ke lokasi. Selain itu, bahannya yang cenderung lentur membuat triplek jadi mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan.

Namun, faktor penting selain jenis triplek adalah ukuran dan ketebalan triplek itu sendiri dalam membuat kebutuhan rumah. Ukuran triplek memiliki standar yaitu 2440 m x 1120 m, yang membedakan hanya ketebalan dari masing-masing triplek. Ada yang ukuran 3 mm, hingga triplek 12mm, atau bahkan lebih.

Nah, berikut ini beberapa jenis triplek yang sering digunakan untuk membangun rumah. Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Triplek Melamin

Triplek melamin merupakan salah satu jenis triplek yang mengandung bahan melaminto, yang berfungsi untuk mengkilapkan. Bahan tersebut digunakan untuk mempercantik kayu dan sejenisnya. Bagi yang ingin memperindah, triplek satu ini bisa menjadi pilihan yang cocok.

Tersedia dalam beragam pilihan, mulai dari yang kecil, sedang, dan besar. Harganya pun terjangkau, mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 450.000 tergantung kebutuhan dan ukuran dari triplek melamin.

MDF

MDF atau Medium Density Fibreboard juga menjadi salah satu jenis triplek yang sering digunakan untuk pembangunan karena jenisnya cenderung padat. Perpaduan dari dua bahan, yakni softwood dan hardwood yang membuat MDF menjadi jenis triplek yang cenderung padat.

Triplek Meranti

Triplek meranti atau blockboard adalah satu jenis triplek terkuat karena terbuat dari tiga lapisan serat kayu yang mayoritas adalah kayu akasia.

Meski diklaim sebagai triplek terkuat, triplek satu ini juga mempunyai kelemahan, yakni arah seratnya yang sulit untuk dipotong. Ukuran triplek Meranti sama seperti ukuran triplek standar lain di Indonesia.

Partikel Blok

Berbeda dengan triplek meranti, triplek partikel blok diklaim cukup lemah dan memilki kualitas yang paling rendah. Hal tersebut terjadi karena jenis ukuran triplek satu ini terbuat dari serbuk kayu yang rentan sekali dengan air.

Biasanya, partikel blok digunakan untuk membuat furniture dan interior rumah. Adapun untuk ukurannya, sama saja dengan ukuran standar triplek lainnya.

Plywood WPC

Plywood WPC ini merupakan salah satu jenis papan triplek yang memiliki ketahanan terhadap air atau kedap air yang sangat baik. Selain ketahanan airnya baik, ketahanan plywood terhadap benturan juga cukup bisa diperhitungkan. Maka, jenis triplek satu ini jadi sering digunakan di area kamar mandi.

Multiplek

Multiplek terbuat dari lapisan kayu yang sudah ditekan atau press dengan mesin berkekuatan tinggi. Cara tersebut yang membuat pori-pori triplek satu ini terlihat rapat dan solid, yang artinya kayu triplek ini juga semakin kuat untuk bertahan lama.

Teakblock

Last but not least, adalah triplek jenis teakblock. Teakblock bisa dibilang mempunyai lembaran yang cukup kuat. Karena itulah, jenis ukuran triplek satu ini juga mempunyai harga yang lumayan tinggi.

Teakblock mempunyai ketahanan terhadap benturan dan juga air, sehingga sering digunakan sebagai pelapis papan kayu dalam pembangunan.

Nah bagi Anda yang membutuhkan triplek untuk segala jenis kebutuhan, Anda bisa memesan di triplekmeranti.com sebagai distributor triplek terbaik dan berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *