Cara Menidurkan Bayi Saat Pilek atau Batuk

Cara Menidurkan Bayi Saat Pilek atau Batuk

Ketika bayi mengalami batuk dan pilek, maka si Kecil akan lebih sulit untuk tidur nyenyak. Maka dari itu, tidak sedikit orangtua yang mencari cara menidurkan bayi saat pilek atau batuk. Dalam keadaan kurang sehat, bayi akan lebih sering terbangun karena hidung sedang tersumbat.

Hal tersebut pastinya akan berpengaruh pada waktu istirahat Bunda karena harus menenangkan bayi dan membantunya tidur kembali. Berikut ini beberapa hal yang bisa Bunda coba untuk menidurkan bayi ketika pilek atau batuk.

Mengeluarkan Lendir

Sebelum mengajak bayi tidur, Bunda perlu mengeluarkan lendirnya dengan bantuan alat penyedot ingus bayi. Keluarkan ingus dengan perlahan, ya Bunda. Hal ini berguna untuk mengurangi hidung tersumbat ketika bayi batuk pilek.

Menaikkan Kepala Bayi

Tidur rata tanpa menggunakan alas bisa membuat batuk pilek bayi semakin parah. Maka dari itu, posisi tidur dengan menaikkan kepala bayi bisa Bunda coba.

Naikkan kepala bayi dengan bantuan bantal kecil atau lipatan handuk kecil untuk menidurkan bayi. Cara ini dapat membantu lendir mengalir ke arah yang benar dan mampu meredakan batuk.

Menggunakan Cool Mist Vaporizer atau Humidifier

Membuat bayi bisa tidur terlelap ketika batuk pilek juga bisa terbantu dengan adanya alat-alat tertentu seperti cool mist vaporizer atau humidifier. Alat tersebut akan membantu melembapkan udara di kamar tidur si Kecil.

Dengan begitu, hidung bayi tetap lembap dan batuk menjadi reda. Jangan lupa untuk membuang sisa air humidifier dan menggantinya dengan air baru secara berkala agar tidak ada jamur yang muncul pada alat.

Menghindari Posisi Tidur Tengkurap

Ketika bayi sedang batuk pilek, Bunda harus menghindari bayi tidur dalam posisi tengkurap. Hal tersebut karena tengkurap bisa membuat pernapasan bayi tersendat sehingga membahayakan bayi.

Selain itu, tidur tengkurap juga bisa meningkatkan risiko bayi mengalami SIDS atau sindrom kematian mendadak pada si Kecil. Maka dari itu, Bunda perlu mengawasi dengan ketat posisi tidur bayi.

Bayi yang batuk pilek biasanya akan lebih rewel dan banyak bergerak. Gerakan bayi bisa membuat kulit sering bergesekan dengan popoknya. Oleh sebab itu, Bunda bisa memakaikan popok Merries Good Skin.

Popok Merries ini memiliki sirkulasi udara yang tinggi sehingga kulit bayi bisa bebas bernapas. Karet pinggangnya pun elastis dan lembut sehingga tidak akan ada bekas kemerahan pada kulit Si Kecil. Permukaan lembutnya akan membuat bayi nyaman sepanjang hari.

Demikianlah cara menidurkan bayi saat batuk dan pilek. Yuk, temukan lebih banyak informasi mengenai parenting hanya dengan mengakses merries.co.id. Semoga membantu.

List Blog Keren Rajabacklink

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *