Ketahui Manfaat Adanya Support System Bagi Remaja

manfaat support system

Adanya support system dalam hidup seseorang sangat memberikan banyak manfaat, terutama dalam menjaga kesehatan mental. Masa remaja rentan terkena kesehatan mental, sebab masa tersebut merupakan proses transisi dari anak-anak menjadi dewasa. Anak remaja biasanya menghadapi cukup banyak perubahan dalam kehidupan, seperti perubahan fisik, sosial hingga emosional.

Maka dari itu, penting bagi anak remaja memiliki support system yang solid. Dukungan tersebut akan membantu mereka untuk menghadapi masalah dan memotivasi diri agar terus berkembang. Support system juga bermanfaat bagi kondisi psikologi yang lebih sehat karena bisa meminimalisir stres.

Melansir dariĀ  CNN Indonesia, berikut ini adalah beberapa manfaat support system bagi para remaja. Simak baik-baik, ya!

Menciptakan perilaku dan kebiasaan baik

Masa remaja identik dengan masa pencarian jati diri, karena itu mereka jadi cenderung mudah terbawa oleh lingkungan sekitarnya. Apabila remaja tersebut memiliki support system yang positif, perilakunya akan cenderung mengikuti.

Begitu pun sebaliknya, apabila orang-orang terdekat biasa berperilaku negatif, mereka akan terpengaruh untuk melakukan perbuatan serupa. Adanya support system baik dari keluarga dan teman dekat, akan membuat remaja lebih disiplin, sabar, teliti dan beragam kebiasaan positif kebiasaan positif lainnya.

Membantu terhindar dari stres

Adanya dukungan sosial yang kuat juga bisa membantu seseorang dalam mengatasi stres. Banyaknya hambatan yang hadir dalam kehidupan tidak menutup kemungkinan membuat remaja menjadi stres.

Stres ini memiliki konsekuensi kesehatan yang serius. Mulai dari penurunan kekebalan tubuh hingga peningkatan risiko penyakit jantung. Remaja yang dikelilingi oleh orang-orang yang peduli dan suportif, akan membantu mereka untuk melihat diri lebih siap dan mampu dalam menghadapi berbagai masalah kehidupan.

Meningkatkan motivasi dalam diri

Punya hubungan sosial yang kuat pun bisa membantu remaja untuk tetap termotivasi ketika berusaha mencapai tujuan. Misal, ketika mereka mencoba meningkatkan prestasi di sekolah. Hadirnya dukungan sosial penuh dari keluarga maupun teman dekat, akan membuat remaja lebih percaya diri dan terdorong untuk terus berusaha.

Karena terkadang, motivasi juga datang dari luar diri remaja. Kekuatan support system yang baik akan memicu motivasi dalam diri remaja, sehingga mereka bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

Itulah beberapa manfaat adanya support system yang solid bagi remaja. Jika ada yang memiliki anak di usia remaja, sebaiknya perhatikan betul-betul bagaimana kehidupan sosial mereka. Selalu berikan dukungan tentang apa yang ingin mereka lakukan, selama kegiatan tersebut masih bersifat positif. Semoga bermanfaat!

List Blog Keren Rajabacklink

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *