Mengulas Lebih Dalam Indikator Pembangunan Ekonomi

indikator pembangunan ekonomi

Pembangunan ekonomi bisa dibilang sebagai sebuah proses kenaikan pada pendapatan total dan pendapatan per kapita. Pembangunan ekonomi ini mempertimbangkan pada pertambahan penduduk, perubahan mendasar dalam struktur ekonomi di suatu negara serta pada pemerataan pendapatan.

Hal ini telah didukung dengan penggunaan teknologi, penanaman modal, peningkatan keterampilan, kemampuan organisasi dan juga penambahan pengetahuan. Indonesia jelas telah menentukan tujuan dari pembangunan ekonomi pada jangka panjang serta pendek. Tentunya, secara keseluruhan telah selaras pada dasar negara, konstitusi dan undang-undang.

Ingin tahu lebih banyak seputar pembangunan ekonomi? Simak ulasan di bawah ini sampai akhir!

Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi

Kita kerap rancu dengan istilah pertumbuhan ekonomi dengan pembangunan ekonomi. Padahal, dua istilah tersebut jelas berbeda. Melansir dari Kabar Bisnis, pertumbuhan ekonomi lebih menekankan pada produksi, konsumsi dan pendapatan. Paling tidak, akan tergambar pada bagaimana ekonom mengukur produk domestik bruto atau PDB.

Sedangkan pembangunan ekonomi, akan lebih membahas aspek ekonomi dan sosial secara lebih luas. Juga berbicara tentang bagaimana bentuk perekonomian akan meningkatkan standard hidup serta kesejahteraan penduduknya.

Indikator Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi yang terus menerus berjalan mungkin saja berhasil, mungkin juga tidak. Cara agar kita tahu apakah proses pembangunan ekonomi bisa dikatakan berhasil atau tidak, dilihat melalui indikator yang bisa menunjukkan keberhasilan dari pembangunan ekonomi.

Berikut ini adalah indikator dari keberhasilan pembangunan ekonomi yang telah digunakan oleh banyak negara, di antaranya:

  1. Struktur ekonomi. Contohnya, pergeseran dari sektor pertanian berubah menjadi sektor industri.
  2. Pendapatan per kapita. Stabilnya perekonomian suatu negara akan berdampak positif pada angka pendapatan per kapita. Naiknya pendapatan per kapita, bisa menjamin akan kesejahteraan masyarakat.
  3. Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Indeks Pembangunan Manusia bisa kita lihat dari umur panjang maupun pengetahuan, hidup sehat serta standard hidup yang layak.

Ada beberapa faktor lain yang bisa memengaruhi keberhasilan dari sebuah pembangunan ekonomi, yakni faktor ekonomi dan non-ekonomi. Faktor ekonomi mencakup sumber daya alam, sumber daya manusia, keahlian dan kewirausahaan. Faktor tersebut bisa mendorong ketersediaan bahan baku hingga proses pengolahan menjadi berbagai produk berkualitas.

Sementara faktor non-ekonomi meliputi kondisi politik, sosial budaya, kelembagaan dan sistem yang berlaku pada masyarakat. Selain faktor pendukung, proses pembangunan ekonomi juga memiliki hambatan. Seperti keadaan alam, kurangnya tenaga kerja, kesulitan permodalan, situasi politik dalam negeri maupun kondisi ekonomi dunia.

List Blog Keren Rajabacklink

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *