Mengulik Lebih Dalam Struktur Serta Ciri-Ciri Teks Berita

struktur dan ciri-ciri teks berita

Di era teknologi informasi yang semakin berkembang, kita bisa menemukan berita di berbagai media. Mulai dari televisi, radio, koran hingga media online. Berita merupakan laporan cepat mengenai suatu kejadian atau peristiwa baru (aktual), fakta-fakta yang ada di lapangan, menarik perhatian dan dinilai penting.

Nah, berita yang bisa kita dengar, lihat atau baca tersebut bersumber dari sebuah teks berita. Teks berita ini disusun berdasarkan kaidah-kaidah jurnalistik, sehingga informasi yang diberitakan bisa dibuktikan kebenarannya.

Melansir dari Warta Ekonomi, berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai struktur dan juga ciri-ciri teks berita. Simak baik-baik, ya!

Struktur Teks Berita

Struktur teks berita pada umumnya memiliki struktur yang sama, yakni orientasi berita, peristiwa dan sumber berita. Berikut penjelasannya.

Orientasi Berita

Struktur berita pertama adalah orientasi berita, yakni bagian pembuka dari sebuah teks berita. Berisi penjelasan singkat dari inti peristiwa atau informasu yang ditulis.

Orientasi ini menentukan arah pemberitaan. Pembaca bisa mengetahui apa saja yang akan menjadi isi berita.

Peristiwa

Bagian ini berisi urutan peristiwa atau kejadian. Urutan peristiwa bisa disampaikan secara kronologis. Setiap detail dari peristiwa tersebut harus terverifikasi agar tidak terjadi misinformasi.

Sumber Berita

Sumber berita bisa diperoleh dari hasi reportase dan wawancara, seperti percakapan dengan narasumber, siaran pers, laporan, data statistik atau dokumen resmi.

Dalam menuliskan sumber teks berita, kita harus cover both sides. Maksudnya, kita perlu menulis sumber berita dari berbagai sudut pandang supaya fakta yang disajikan semakin jernih.

Ciri-Ciri Teks Berita

Setelah mengetahui apa saja struktur dari teks berita, berikut ini adalah ciri-ciri teks berita. Di antaranya:

  • Bersifat obyektif. Maksudnya, teks berita harus sesuai keadaan yang terjadi tanpa dipengaruhi pendapat pribadi.
  • Berdasarkan fakta dan bukan opini atau pendapat penulis.
  • Judul berita mewakili keseluruhan isi berita.
  • Bahasa yang digunakan adalah bahasa yang efektif, mudah dipahami, lengkap serta memikat pembaca.
  • Informasi atas suatu peristiwa disampaikan secara kronologis (urut).
  • Data dalam teks berita disajikan lengkap, sesuai konteks dan bisa dibuktikan kebenarannya oleh semua orang.
  • Penyampaian waktu, tempat dan sumber berita harus valid dan bisa dipertanggungjawabkan.
  • Teks berita memuat unsur 5W+1H (What, Where, When, Who, Why dan How).

Demikianlah ulasan tentang struktur serta ciri-ciri sebuah teks berita. Untuk mengetahui lebih lengkap terkait apa itu berita. Langsung saja kunjungi website wartaekonomi.co.id. Warta Ekonomi juga menyediakan informasi seputar teknologi, berita artis, berita harian dan sebagainya. Semoga bermanfaat!

List Blog Keren Rajabacklink

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan