Wajib Tahu! Inilah Jadwal Menyusui Bayi Usia 0-6 Bulan

jadwal ibu menyusui bayi 0-6 bulan

Bayi baru lahir sampai 6 bulan sangat membutuhkan ASI. Hal ini karena ASI eksklusif menjadi makanan satu-satunya untuknya. Meski tidak mengonsumsi makanan lain, namun menyusui bayi juga mempunyai jadwal yang harus Bunda perhatikan, lho.

Jangan lupa  untuk selalu memerhatikan sinyal bahwa bayi sedang lapar atau kenyang. Nah, jika Bunda penasaran dengan jadwal menyusui ASI yang tepat untuk bayi  baru lahir sampai 6 bulan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Bayi baru lahir

Ketika bayi baru lahir pertama kali menyusu, umumnya menyusui membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Jika proses ini telah selesai, mungkin dia akan menyusu lagi dalam rentang waktu 2-2,5 jam lagi.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indoensia, jadwal menyusui bayi baru lahir sebaiknya 8-12 kali sehari. Sedangkan, rentang waktunya sekitar 10-15 menit. Jeda waktu setiap menyusui berkisar 1,5 jam sampai 3 jam sekali.

Bayi yang baru lahir membutuhkan waktu untuk beradaptasi dulu. Bayi dapat memberikan tanda lapar dan ingin menyusu kapan pun. Tetapi, seiring bertambahnya usia bayi, maka jadwal menyusunya akan semakin rutin dan teratur.

Bayi 1-6 bulan

Ketika bayi sudah masuk usia 1 bulan, maka waktu menyusunya sudah mulai tertata. Setelah beberapa hari lahir sampai 1 bulan, keinginan menyusunya bisa muncul 2-3 jam sekali. Jadi, jadwal menyusuinya 8-12 kali sehari.

Pada saat masuk bulan kedua, bayi akan menyusu sebanyak 7-9 kali setiap hari. Sama halnya dengan bulan ketiga, dia akan menyusu 7-8 kali dengan rentang waktu sekitar 1,5 jam hingga 3,5 jam.

Ketika bayi memasuki akhir masa ASI ekslusif, jadwal menyusunya akan semakin menurun sampai hanya 4-6 kali sehari. Sedangkan, jeda antar jadwal menyusu sekitar 5-6 jam sekali.

ASI eksklusif memang sangat penting hingga bayi berumur 6 bulan. Baru setelahnya, Bunda bisa mulai mengenalkan makanan lain sebagai pendamping ASI. Selain ASI yang bayi konsumsi, Bunda juga perlu memerhatikan popok yang buah hati kenakan.

Popok sangat berpengaruh pada kenyamanannya saat menyusu atau beraktifitas setiap hari. Jangan salah memilih produk, pastikan membeli popok yang aman dan nyaman untuk si Kecil. Tak perlu bingung, kini telah hadir Popok Merries dengan kemampuannya memproteksi kulit bayi dari bakteri.

Popok Merries sangat lembut untuk kulit sensitif bayi baru lahir. Sirkulasi udaranya yang baik akan membuat kulit bayi bebas bernafas dan terhindar dari iritasi. Tunggu apalagi? Yuk, cek produknya di merries.co.id. Semoga bermanfaat!

List Blog Keren Rajabacklink

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.