Jenis-Jenis Berita yang Perlu Kamu Ketahui

jenis-jenis berita

Dalam kegiatan sehari-hari, kamu tidak bisa lepas dari yang namanya berita. Pasalnya, kamu bisa memperoleh berita dari berbagai macam media. Kamu bisa membaca berita melalui media cetak, media elektronik hingga media online. Tidak sedikit pula orang yang setiap paginya mencari berita-berita terbaru sebelum memulai aktivitasnya.

Biasanya, berita yang disampaikan berupa suatu peristiwa yang belum lama terjadi. Namun terkadang, ada juga berita tentang peristiwa yang sudah lama terjadi. Dalam menyampaikan berita, harus didasari dengan fakta yang terjadi atau sesuai di lapangan.

Oleh karena itu, kamu tidak boleh membuat berita secara asal-asalan dan tidak boleh hanya ditujukan kepada beberapa kelompok tertentu. Tanpa ada fakta, maka berita tersebut menjadi tidak valid. Fakta juga berfungsi untuk menguatkan data pendukung, memberikan informasi yang akurat dan meyakinkan para pembaca.

Perlu kamu ketahui pula jika berita terdiri dari beberapa jenis yang memiliki ciri khasnya masing-masing. Dilansir dari situs Berita Satu, berikut ini adalah beberapa jenis berita yang perlu kamu tahu. Yuk langsung disimak!

Berita Langsung

Jenis pertama adalah berita langsung atau straight news. Jenis berita ini ditulis secara singkat, lugas dan langsung. Berita langsung biasanya muncul di halaman depan surat kabar ataupun yang menjadi berita utama (headline).

Berita Mendalam

Selanjutnya, ada depth news atau berita mendalam. Jenis berita ini dikembangkan dengan pendalaman mengenai hal-hal yang tidak banyak orang tahu atau akan dikupas secara mendalam.

Berita Investigasi

Investigation news atau berita investigasi merupakan jenis berita yang dikembangkan berdasarkan penyelidikan dan juga penelitian dari berbagai sumber yang bisa menjadi sumber berita, narasumber, konferensi pers dan sebagainya.

Berita Interpretatif

Jenis berita satu ini merupakan berita yang dikembangkan melalui pendapat atau penilaian dari wartawan yang melaporkan. Namun, tetap berdasarkan fakta yang ditemukan.

Contoh dari berita interpretatif adalah laporan arus mudik lebaran, laporan terkini terkait persidangan suatu kasus dan lain-lain.

Berita Opini

Berita opini atau dalam Bahasa Inggrisnya Opinion News merupakan suatu jenis berita mengenai pendapat seseorang. Biasanya, berisikan pendapat para ahli, cendekiawan serta pejabat. Bisa juga mengenai suatu hal, peristiwa, kondisi keilmuan dan sebagainya.

Itulah beberapa jenis berita yang perlu kamu tahu. Rutin membaca berita membuatmu memiliki lebih banyak wawasan dan lebih update terkait kejadian-kejadian yang terjadi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Dengan begitu, kamu bisa berdiskusi panjang lebar dengan teman-teman untuk membahas berita-berita tersebut. Wawasan yang luas juga membuatmu bisa meningkatkan prestasi di bidang akademis. Semoga bermanfaat!

List Blog Keren Rajabacklink

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *