Tips Membuat Video Animasi untuk Para Pemula

Tips Membuat Video Animasi

Video animasi bisa bertujuan untuk apapun, salah satunya sebagai keperluan marketing.  Baik untuk para pemula atau siapapun tentu saja bisa melakukan pembuatan video animasi asal tahu langkah yang tepat. Berikut ini akan dijelaskan cara pembuatan video animasi profesional yang bisa dicoba untuk ikuti.

Tahapan Pembuatan Video Animasi

Simak berikut ini beberapa langkah pembuatan video animasi yang profesional untuk para pemula.

Langkah Brainstorming

Pertama Anda bisa melakukan yang namanya diskusi terlebih dahulu dengan tim kerja atau proses brainstorming. Tujuan melakukan brainstorming adalah agar bisa menjawab berbagai pertanyaan penting mulai dasar hingga tujuan pembuatan video animasi.

Pertanyaan dasar yang biasa muncul seputar alasan membuat video animasi, tema dan pesan utama pembuatan video, target audience hingga target seperti apa yang diharapkan. Dalam melakukan brainstorming, hendaknya menghadirkan seluruh anggota internal yang berwenang. Anda harus mendiskusikan tema payung video animasi agar seragam terutama untuk kegiatan kampanye marketing.

Membuat Jalan Cerita dan Naskah

Sebuah video animasi membutuhkan yang namanya jalan cerita dan naskah seperti video sungguhan. Oleh karena itu setelah sudah menemukan topik dan tujuan, Anda bisa membuat jalan cerita dan naskah dari tema atau script singkat.

Kemampuan story telling sangat diperlukan dalam pembuatan cerita dan harus menyesuaikan dengan target audience. Pastikan juga untuk membuat jalan cerita yang gampang dipahami oleh target audiens. Terdiri dari hook, di mana merupakan elemen paling penting yang hadir di 3 sampai 5 detik pertama pada video. Kemudian ada elemen isi pesan yang ingin disampaikan kepada para audiens.

Ajakan bertindak yang disampaikan pada durasi terakhir atau CTA ( call to action). Biasanya CTA mengajak para audiens untuk melakukan sesuatu setelah menonton video animasi.

Pembuatan Story Board

Langkah ketiga adalah pembuatan storyboard atau papan cerita yang akan membantu anda untuk mengetahui konsep pengambilan gambar dan pembuatan video animasi secara keseluruhan. Papan cerita ini dibuat dengan bentuk seperti komik yang terdapat kalimat penjelasan sebagai keterangan dari adegan naskah.

Lalu menuangkan cerita narasi yang ada pada naskah menjadi potongan gambar untuk setiap scene.

Gaya Video Animasi

Masuk ke tahap terakhir yaitu menentukan gaya animasi. Ada beberapa gaya animasi yang perlu diskusi untuk pemilihan. Seperti misalnya gaya animasi tradisional di mana Anda harus menggambar dengan tangan untuk setiap frame animasi satu persatu.

Ada juga animasi 2D yang paling populer dan sampai saat ini masih banyak digunakan. Animasi papan tulis di mana video berlatar belakang papan tulis putih dan setiap adegan digambarkan di papan tulis tersebut. Ada juga animasi dengan tipografi, animasi 3D dan masih banyak lagi. Langkah selanjutnya adalah tinggal pembuatan video animasi.

Membuat video animasi mungkin tetap sulit bagi beberapa orang apalagi yang masih pemula. Manfaatkan jasa pembuatan video lewat Videos.id. terutama bagi yang ingin membuat video explainer yang berfokus pada penjelasan tentang ide maka bisa andalkan Videos.id pula.

List Blog Keren Rajabacklink

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *