Tips Mengatasi Kran Air yang Mampet

Tips Mengatasi Kran Air yang Mampet

Penggunaan air tentunya penting bagi kehidupan kita sehari-hari. Bagaimana tidak, sebagian besar kegiatan kita mencakupi mandi, cuci piring, dan membersihkan kendaraan tentunya membutuhkan air. Tidak heran jika aliran air yang tersumbat atau mampet dapat menghambat aktivitas serta membuat tidak nyaman.

Tentu saja kran air yang mampet harus segera diatasi agar aliran air menjadi lancar. Salah satu caranya ialah dengan memeriksa produk kran air apakah terdapat kerak atau lumut, selain itu simak beberapa tips di bawah ini untuk mengatasi kran air yang mampet

Cek Kran Air

Hal yang pertama yang mesti anda lakukan ialah mengecek kran air. Cari masalah kenapa penyumbatan terjadi. Bisa saja hal tersebut terjadi karena dua faktor yang pertama ialah sumber air toren yang terlalu rendah sehingga menghasilkan tekanan air yang kecil, atau Kran air tersumbat banyak kotoran sehingga air tidak ingin mengalir.

Cara mengeceknya cukup mudah, pertama matikan stop kran air, kemudian buka kran. Hidupkan kembali stop kran. Jika air mengalir deras, maka kran Anda masalahnya.

Jika terjadi masalah seperti penyumbatan maka anda perlu merendam kran di larutan air cuka dan diamkan selama 12 jam.

Bersihkan Bagian Luar Kran

Cara selanjutnya untuk mengatasi kran air yang mampet ialah membersihkan bagian luar kran. Biasanya bagian luar kran dipenuhi lumut ataupun kerak. Copot kran kemudian rendam pada air larutan cuka selama 12 jam, angkat kemudian bersihkan bagian luar kran. Setelah dibilas tiup salah satu ujung kran pastikan ada hembusan angin di sisi lainnya. Jika cara ini berhasil selanjutnya Anda dapat memasang kembali kran anda.

Bersihkan Bagian Dalam Kran

Jika cara membersihkan kran dari bagian luar masih belum mempan untuk membuat kran menjadi lancar maka sebaiknya Anda membersihkan bagian dalam kran. Kran yang mampet bisa terjadi akibat tersumbatnya kotoran pada filter atau aerator kran. Untuk membuat aliran air menjadi lancar kembali maka anda perlu membersihkan filter penyaring pada kran tersebut. Siapkan sikat gigi beserta sabun seperti deterjen kemudian sikatlah ujung kran. Biasanya kran menjadi mampet akibat lumut yang tersumbat pada ujung kran, gosok kran hingga bersih kemudian pasang kembali.

Ganti Kran Baru

Jika tiga cara di atas sudah dilakukan namun tidak membuahkan hasil maka sudah waktunya ada untuk mengganti kran yang lama dengan kran yang baru. Sebab bisa saja tuas kran yang lama sudah aus sehingga mengakibatkan aliran air menjadi kecil atau mampet, bahkan ketika tuas sudah dibuka pun tidak jarang air masih belum mengalir. Jika Anda mengalami hal tersebut maka sudah sepatutnya untuk mengganti dengan kran yang baru.

Itu tadi beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk mengatasi kran air yang mampet dalam membeli produk kran air pastikan memilih bahan yang berkualitas, serta pastikan ukurannya sesuai dengan kran rumahan yang sering digunakan.

List Blog Keren Rajabacklink

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan