Kenapa Bayi Mengemut Tangan? Yuk Ketahui Penyebabnya dari SehatQ

Bayi Mengemut Tangan

Tumbuh kembang bayi memang selalu harus diperhatikan setiap hari. Apakah hari ini ada perkembangan atau kemajuan bayi, seperti mulai bisa mengangkat kepala atau sudah bisa merangkak dan lain-lain. Di momen-momen seperti ini, apalagi untuk orang tua baru biasanya merasa panik terhadap perkembangan bayi yang mungkin dirasa membahayakan misalnya ketika bayi mengemut tangan.

Para orang tua mungkin takut kegiatan tersebut bisa membuat bayi sakit atau terganggu kesehatannya akibat kuman atau bakteri yang ada di tangan. Namun tidak perlu khawatir, karena ini adalah kebiasaan bayi dan menjadi salah satu caranya untuk berkomunikasi.

Penyebab Bayi Mengemut Tangan

Biasanya bayi melakukan kegiatan mengemut tangan ini di usia 4 sampai 7 bulan karena mulai tumbuh gigi. Bayi biasanya merasa enak ketika menggosokkan sesuatu ke gusinya maka yang paling mudah adalah menggunakan tangan. Selain itu, berikut ini beberapa penyebab bayi mengemut tangan ke dalam mulutnya.

Merasa Lapar

Seperti yang disebutkan bahwa kegiatan bayi ketika mengemut tangan bisa menjadi sarana komunikasi. Salah satunya adalah ketika bayi merasa lapar, biasanya si kecil akan mengemut tangannya dan dimasukkan ke dalam mulut lalu melakukan isapan dan disertai tangisan.

Kondisi ini harus dilihat orang tua sebagai sinyal saat bayi lapar ingin menyusu ataupun pemberian MPASI.

Bayi Mengantuk

Emutan tangan juga bisa jadi indikasi bahwa bayi sedang mengantuk. Apalagi jika kegiatan tersebut diikuti dengan bayi yang mulai diam dan kurang merespon. Anda perlu tahu bahwa tidak semua bayi mudah tidur ketika tubuhnya merasa lelah.

Sebagian anak justru membutuhkan bantuan agar bisa tidur dengan nyaman dan salah satunya dengan mengemut tangannya sendiri.

Bayi Sedang Menenangkan Diri

Saat bayi berumur dibawah 1 tahun, mungkin belum bisa mengekspresikan dan menyatakan apa yang dirasakannya kepada orang tua dan orang-orang di sekitar. Bayi mengemut tangan ke mulut bisa jadi sarana untuk si buah hati menenangkan diri.

Setiap anak pasti membutuhkan rasa aman dan nyaman seperti yang didapatkan sejak di dalam rahim. Respon anak dengan memasukkan tangan ke mulutnya bisa jadi anak butuh orang tua selalu berada di sisinya.

Ketika Anak Merasa Bosan

Bisa jadi bayi ketika mengemut tangan tandanya anak mulai merasa bosan karena memang aktivitasnya di usia 4 bulan ke atas masih makan, menangis, buang air dan tidur. Kemungkinan beberapa bayi merasakan kebosanan apalagi di waktu siang hari.

Maka dari itu, respon bayi adalah dengan mengemut tangannya sendiri agar ada aktivitas yang menarik. Untuk menghilangkan kebiasaan tersebut mungkin orang tua bisa mengajak bayi untuk berkomunikasi atau bermain bersamanya.

Sebenarnya respon bayi dengan mengemut tangan bukanlah hal yang berbahaya namun tetap diingat bahwa senantiasa memperhatikan kebersihan tangan bayi. Karena ketika tangan dimasukkan ke mulut tentu saja bakteri dan kuman yang ada di tangan bisa berpindah ke dalam tubuh.

Anda bisa perlahan membuat anak tidak lagi punya kebiasaan untuk memasukkan tangan ke dalam mulut dengan aktivitas lain yang lebih menyenangkan. Pada umumnya kebiasaan ini akan berhenti dengan sendirinya dan tidak bisa mempengaruhi pertumbuhan gigi jadi tidak perlu khawatir. Untuk Anda yang ingin mendapatkan informasi lengkap seputar tips kesehatan hingga perkembangan anak maka bisa dapatkan lewat SehatQ.

Platform ini sangat lengkap dengan berbagai fitur yang dihadirkan untuk masyarakat dan keluarga Indonesia. Mulai dari informasi penyakit dan penanggulangannya, informasi kesehatan dan tips, konsultasi kesehatan. Anda yang sedang diet juga bisa mencoba kalkulator BMI untuk mengetahui indeks massa tubuh. Kalkulator ini akan membantu anda untuk mengetahui berapa berat badan ideal setiap orang.

List Blog Keren Rajabacklink

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan