Wajib Tahu! Inilah 4 Jenis Sumber Energi Alternatif

4 jenis sumber energi alternatif

Dalam kehidupan modern, energi memegang peranan penting karena setiap aspek kehidupan membutuhkan energi agar berjalan dengan lancar. Selama ini, energi banyak dihasilkan dari bahan bakar fosil.

Namun, dikhawatirkan cadangan energi fosil yang digunakan akan semakin menipis, yang kemudian bisa saja menyebabkan kekurangan energi di masa depan. Oleh sebab itu, beberapa tahun terakhir kembali digalakkan wacana energi alternatif seiring dengan munculnya isu global warming.

Energi alternatif adalah sumber energi lain yang bisa digunakan untuk menggantikan energi fosil yang selama ini digunakan. Chalabi Grup Indonesia menjadi salah satu yang mengembangkan energi alternatif charcoal atau arang dari batok kelapa.

Nah, apa saja jenis-jenis energi alternatif lainnya? Yuk simak pembahasannya berikut!

Energi Matahari

Matahari adalah sumber energi panas terbesar yang bisa kita manfaatkan sebagai energi alternatif. Pusat tata surya ini mampu memberikan energi panas yang bisa dimanfaatkan secara langsung maupun tidak langsung.

Penggunaan energi matahari secara langsung salah satunya adalah menjemur pakaian. Sedangkan penggunaan energi matahari secara tidak langsung ialah mengubah panas matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan alat tertentu, seperti panel surya.

Energi Angin

Selanjutnya, ada angin yang juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber alternatif yang tersedia di alam. Sebenarnya, penggunaan energi angin sudah cukup lama digunakan manusia.

Misalnya, kincir angin yang dimanfaatkan untuk penggerak pompa untuk irigasi, pun bisa dimanfaatkan sebagai penghasil listrik tenaga angin.

Hydropower (Energi Air)

Hydropower ini merupakan energi alternatif yang dihasilkan dari kekuatan air, yang mana dimanfaatkan untuk mengubah energi gerak menjadi energi listri atau energi lainnya.

Contohnya, membendung daerah aliran sungai untuk diarahkan menuju turbin yang akan menghasilkan energi listrik tenaga air.

Biofuel

Biofuel adalah sumber energi alami yang berasal dari bahan-bahan nabati atau tumbuhan. Salah satu contohnya sudah disebutkan sebelumnya, yaitu coconut charcoal briquettes atau briket arang dari tempurung kelapa.

Briket arang ini memiliki banyak keuntungan, seperti harga yang lebih murah, terbarukan serta ketersediaan bahan baku yang melimpah. Selain itu, asap yang dihasilkan pun lebih sedikit.

Bagi yang ingin menggunakan briket arang sebagai energi alternatif, solusinya adalah membelinya di PT Chalabi Grup Indonesia. Tersedia banyak varian yang bisa dipilih, ada finger charcoal, charcoal batu dan masih banyak lagi. Informasi selengkapnya bisa dilihat di charcoalchalabi.com. Semoga bermanfaat, ya!

List Blog Keren Rajabacklink

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *