Mengenal Hormon Ghrelin yang Dapat Mengatur Rasa Lapar

Mengenal Hormon Ghrelin

Hormon ghrelin merupakan hormon yang mengatur rasa lapar di mana hormon ini diproduksi di usus ketika perut sedang kosong lewat aliran darah dan menuju ke hipotalamus di otak untuk memberitahu, bahwa tubuh sedang membutuhkan makanan maka timbullah nafsu makan. Jika semakin tinggi produksi hormon ghrelin akan semakin membuat Anda akan merasa lapar dan sebaliknya.

Fungsi hormon ghrelin sendiri adalah dapat mempengaruhi perilaku untuk mendapatkan sesuatu seperti mengkonsumsi hingga kecanduan, mempengaruhi siklus tidur dan mempengaruhi sensasi rasa serta metabolisme karbohidrat. Hormon ini juga dapat menjaga kestabilan glukosa dan energi, metabolisme tulang hingga melindungi jantung.

Gangguan Pada Hormon Ghrelin

Produksi hormon ghrelin umumnya akan meningkat ketika perut anda sedang kosong dan jumlahnya akan turun saat perut sudah terisi kembali. Namun ada beberapa kondisi di mana mempengaruhi kadar hormon sehingga terganggu di mana hormon ghrelin yang terlalu tinggi dan menyebabkan rasa lapar terus-menerus.

Jika kondisi ini tidak ditangani dengan baik akan menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas. Ada beberapa kondisi di mana menyebabkan gangguan ghrelin yang membuat hormon ini tidak stabil.

Diet Yoyo

Diet yoyo bisa membuat berat badan cepat turun namun di satu sisi bisa membuatnya kembali naik. Rupanya perubahan gratis ini sangat tidak baik karena dapat mengganggu kestabilan hormon ghrelin.

Begadang

Apakah anda salah satu orang yang memiliki pola tidur buruk? Jika iya sebaiknya mulai sekarang harus diubah karena dapat meningkatkan kadar ghrelin dalam tubuh. Tidak heran tubuh mengirimkan sinyal lapar, ketika begadang atau tidur terlalu larut malam yang membuat Anda jadi makan di waktu yang tidak disarankan seperti malam hari atau tengah malam.

Gangguan Makan

Seseorang yang mengalami anoreksia atau bulimia punya kadar ghrelin yang lebih tinggi dibanding orang kurus atau orang yang memiliki berat badan normal. Sebaiknya sembuhkan gangguan makanan ini untuk menghindari ghrelin yang terlalu rendah.

Obesitas

Penderita obesitas juga memiliki hormon ghrelin yang rendah. Karena kondisi obesitas menyebabkan ketidakseimbangan ghrelin yang membuatnya terus-terusan merasa lapar.

Kaheksia Kanker

Adapun ghrelin ini dapat meningkat pada orang yang mengalami kaheksia akibat kanker. Jadi tetap waspada saat alami kaheksia.

Untuk yang ingin produksi hormon ghrelin tetap stabil maka anda harus punya pola hidup yang sehat dengan partner yang tepat yaitu Sirka. Sirka akan membantu menjawab permasalahan berat badan hingga pola makan sehat dalam jangka panjang. Sirka bisa jadi partner Anda untuk hidup sehat dan memastikan Anda mencapai tujuan sehat masing-masing.

List Blog Keren Rajabacklink

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan